Peluang bisnis dalam bidang olahan makanan memang sangat menjanjikan untuk memperoleh keuntungan yang sangat besar. Salah satunya adalah dengan mengolah “UBI UNGU” menjadi Brownies yang Lezat dan digemari oleh masyarakat luas. Ubi jalar adalah bahan makanan dari jenis umbi-umbian, selain singkong, talas dan kentang yang bisa langsung diolah menjadi beragam makanan ringan yang lezat dan enak. Di Indonesia , Ubi jalar sudah sangat dikenal oleh sebagian masyarakat.Namun sayangnya, ubi jalar bukanlah jenis makanan favorit dan biasanya lebih dikenal sebagai makanan rakyat pedesaan. Padahal, ubi jalar mengandung beragam gizi yang sangat baik, bahkan jika kreatif dalam pengolahannya bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.
Brownies ubi merupakan makanan
ringan yang lezat dan menyehatkan. Produk ini akan diolah dengan menggunakan
bahan dasar ubi ungu. Sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dalam bentuk
kue brownies ubi.
Pendirian usaha ini dapat meningkatkan nilai tambah ubi
dengan mengolahnya menjadi “Brownies Ubi” dengan cita rasa yang khas. Sehingga
dapat menjadi makanan ringan yang menyehatkan.
A.
Deskripsi Perusahaan ( kedai pinggir
jalan )
1. Latar belakang usaha
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih
menyukai makanan cepat saji dengan rasa yang enak dan harga yang relatif murah
namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut
harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifatnya kreatif, inovatif dan
memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat menarik perhatian masyarakat
untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Dari pemikiran tersebut kami telah melakukan observasi
lapangan mengenai peluang usaha yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu usaha
penjualan brownies ubi dengan Aneka rasa. Selain jenis makanan ini masih jarang
ditawarkan, ketersediaan bahan baku dan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit
juga merupakan hal yang dapat dipertimbangkan agar kegiatan usaha ini layak
untuk dijalankan.
Pembuatan “Brownies Ubi” yang dilakukan dengan cara
yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga
yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat
untuk membelinya.
Dengan pengembangan konsep yang berbeda dengan jenis
usaha lain yang sudah ada baik dari segi resep, penyajian, kemasan maupun merek
dagang, kita akan memiliki kekuatan untuk mendatangkan minat pembeli agar
tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
B. Visi
Dan Misi
1.
Visi
a.
Untuk
mengembangkan kreatifitas dalam mengolah makanan terutama berbahan “Ubi”
b.
Untuk
mengenalkan ke masyarakat bahwa ubi dapat diolah menjadi kue brownies yang
lezat dan menyehatkan.
2.
Misi
a.
Meningkatkan
kualitas dalam pengolahan ubi menjadi kue bronie
b.
Melayani
konsumen sebaik mungkin
C. Tujuan
1.
Membuat
produk makanan ringan yang lezat dan menyehatkan berbahan dasar ubi sehingga memiliki inovasi baru dalam bentuk kue Brwonies.
2.
Mendapatkan
laba, sehingga meningkatkan perekonomian.
3.
Memperkenalkan
produk brwonies ubi ini kepada masyarakat luas sebagai makanan yang memiliki cita rasa khas dari ubi itu
sendiri.
D.
Rencana
Usaha
Harapan kedai pinggir jalan ke depannya sebagai
berikut;
1. Tahap
rencana awal sampai dengan 3 bulan kedepan adalah:
a.
Membuat kedai makanan usaha di daerah Terminal
kp.Rambutan yang letaknya strategis dan
banyak orang lalu lalang.
b.
Promosi
awal akan dilakukan dengan mendatangi rumah-kerumah dan menyebarkan
pamflet-pamflet kepada masyarakat dan pengguna jalan
c.
Promosi
selanjutnya adalah dengan menggunakan media sosial ( Facebook, Twitter, dan
lain lain )
2.
Tahap rencana 3 sampai 6 bulan adalah:
a.
Mencoba membuka gerai cabang di sekitar
Ciracas dan Cibubur Jakarta Timur dengan memperhatikan posisi letak dan tempat
strategis tentunya untuk kedai tersebut.
b.
Mulai mencoba membuat manajemen kegiatan
perusahaan baik tentang pemasaran produksi lebih lanjut, pengadaan barang dan
produksi, serta membuat manajemen keuangan perusahaan .
c.
Mencoba melakukan pemasaran melalui
internet (e-bussines )
3.
Tahap rencana 1 tahun sampai dengan 2
tahun dan seterusnya adalah:
a.
Mencoba membuka gerai cabang baru
disekitar wilayah Jakarta timur.
b.
Mencoba bereksperimen untuk membuat
menu-menu baru yang lebih kretif untuk meningkatkan kepusasan dan jumlah
pelanggan.
c.
Mencoba pemasaran melalui metode “Pesan
Antar” dengan aplikasi penjualan online
d.
Mencoba membuka pemasaran untuk acara yang
diadakan oleh Hotel dan Gedung pertemuan
E.
Merumuskan produk
Produk yang ditawarkan BOBI Adalah Brownies ubi
dengan berbagai macam pilihan rasa, seperti :
1.
Kue
brownies ubi dengan diolesi selai rasa mangga dan diberikan toping kacang dan
kismis.
2.
Kue
brownies ubi dengan diolesi selai rasa anggur dan diberikan toping kacang dan kismis.
3.
Kue
brownies ubi dengan diolesi selai rasa cokelat dan diberikan toping
kacang,kismis,dan dapat ditambahkan
buah-buahan diatasnya seperti strawberry ataupun kiwi.
F.
STRUKTUR
ORGANISASI DAN JOB DESK
1.
Struktur
2.
Job
Desk
a.
Pemilik
Usaha ( Ahmad Arfani )
Ø
Menyediakan
modal untuk usaha
Ø
Menyediakan
tempat usaha
Ø
Menyediakan
dana apabila ada kebutuhan biaya tambahan
Ø
Menerima
keuntungan dari usaha
Ø
Menyediakan
dana apabila usaha mengalami kerugian
b.
Pengelola
Keuangan (Hafidz Suryansyah)
Ø
Merencanakan
biaya produksi dan biaya pemasaran usaha
Ø
Menghitung
untung dan rugi usaha
Ø
Bertanggungjawab
atas administrasi usaha
c.
Produksi
(Nurohman)
Ø
Bertanggungjawab
atas pembuatan produk mulai dari pembelian bahan, proses, sampai menjadi produk
siap jual
d.
Pemasaran
( Ahmad Baihaqi )
Ø
Bertanggungjawab
atas penjualan produk
Ø
Merencanakan
pemasaran produk untuk waktu yang akan datang
0 Comments