BAB IV
PEMBAHASAN
A.
Proses Bisnis
PT Candi Berkah Tehnologi bergerak dalam bidang
pemasangan dan pemeliharaan infrastruktur antara lain:
1.
Instalasi dan
Perawatan LAN, terdiri atas pemasangan dan perawatan kabel Fiber Optic, UTP,
STP, Coaxial, Telepon, PABX
2.
Insatalasi dan
Perawatan Perangkat Keras , terdiri atas pengadaan Server, Router, Switch,
Firewall, Proxy, Wireless, IP Phone, Video Phone, CCTV dan lain-lain.
Dalam pengeloaan
pekerjaan teknisi pada PT Candi Berkah Tehnologi masih menggunakan cara manual atau
dicatat dalam kertas dan ataupun diketik pada Microsoft Office Excel, belum
mempunyai suatu perangkat lunak yang digunakan dan bisa diakses secara online.
Adapun sistem pengelolaan pekerjaan pada PT Candi Berkah Tehnologi adalah
sebagai berikut:
1.
Pembuatan Jadwal
Maintenance Rutin dan Pembuatan Form Keluhan.
a.
Project Manager
membuat suatu jadwal pemeliharaan rutin untuk dilakukan oleh Teknisi, jadwal
ini berlaku perhari
b.
Project Manager
membuat suatu form keluhan yang dicetak dalam jumlah yang banyak dan disediakan
pada bindek, apabila form tersebut telah habis maka Project Manager tersebut
mencetak ulang form tersebut.
2.
Pencatatan Data
a.
Setiap hari Teknisi
mencatat pekerjaan yang telah dilakukan di suatu form yang telah disediakan
perusahaan dan dikumpulkan pada suatu bindek pada meja Manager.
b.
Setiap akhir bulan
Project Manager mencatat ulang pada Microsoft Office Excel dari Form yang telah
dikumpulkan oleh Teknisi.
3.
Pembuatan Laporan
a.
Setiap akhir periode
pekerjaan Project Manager mengumpulkan data yang telah direkap perbulan pada
point 2, sebagai kelengkapan dokumen untuk mengajukan penagihan ke rekanan
kerja.
b.
Project manager
memeriksa laporan yang telah dibuat oleh Project Manager, apabila laporan sudah
benar maka Manager memberikan laporan
tersebut kepada Direktur.
c.
Laporan Pekerjaan
diperiksa ulang dan ditandatangani oleh Direktur.
B.
Aturan Bisnis Sistem Berjalan
Aturan sistem yang sekarang berjalan pada PT Candi Berkah Tehnologi adalah
:
1.
Pembuatan Jadwal Maintenance Rutin dan
Pembuatan Form Keluhan
a.
Project Manager membuat jadwal pemeliharaan
rutin untuk kemudian diumumkan kepada Teknisi setiap hari.
b.
Project Manager setiap hari mencetak Form
Keluhan untuk diambil oleh Teknisi sebelum mereka berangkat ke lokasi kerja
setiap hari.
2.
Pencatatan Data.
a.
Data Pemeliharaan Rutin
1). Setiap hari Teknisi melakukan
Pemeliharaan Rutin terhadap Objek pemeliharaan sesuai dengan jadwal yang telah
dibuat oleh Project Manager dan mencatatnya pada Form Pemeliharaan.
2). Teknisi mengumpulkan form
Pemeliharaan kepada Project Manager setelah pekerjaan selesai setiap hari
3) Project Manager melakukan rekap
data dari Form Pemeliharaan kedalam tabel Microsoft Office Excel
b.
Data Penanganan Keluhan
1). Apabila ada keluhan maka Teknisi
melakukan penyelesain terhadap masalah yang dikeluhkan oleh user dan
mencatatnya pada Form Keluhan.
2). Teknisi mengumpulkan form Keluhan
kepada Project Manager setelah pekerjaan selesai setiap hari
3). Project Manager melakukan rekap
data dari Form Keluhan kedalam tabel Microsoft Office Excel
3.
Pembuatan Laporan
a.
Project Manager menuyusun Laporan Pekerjaan
berdasarkan data pada tabel Microsoft Office Excel
b.
Project Manager menuyusun Laporan Pekerjaan
setiap akhir periode pekerjaan
c.
Project Manager mengajukan Laporan Pekerjaan
kepada Manager untuk diperiksa dan ditandatangani apabila dinilai benar.
d.
Manager mengembalikan Laporan Pekerjaan
kepada Manager apabila Laporan pekerjaan
dinilai belum benar, dan Manager akan
memperbaiki Laporan Pekerjaan.
e.
Manager menyerahkan Laporan Akhir Pekerjaan
sebagai kelengkapan untuk mengajukan tagihan.
C.
Dekomposisi Fungsi
Dekomposisi fungsi dumulai dengan analisis pekerjaan yang ingin dilakukan,
diikuti tahap desain dengan menggambarkan bagaimana pekerjaan tersebut dapat
dilakukan, menggambarkan dimana prosesnya berorientasi pada tujuan. Perangkat
yang digunakan biasanya berdasarkan pada data flow dan bahasa prosedural.
Dekomposisi Diagram Sistem pelaporan pekerjaan pada PT Candi Berkah
Tehnologi sebagai berikut :
Gambar 4.2 Dekomposisi Fungsi
D.
Analisis Masukan (Input), Proses dan Keluaran (Output)
1.
Analisis Masukan (Input)
a.
Data Perawatan Rutin
Sumber :
Teknisi
Media :
Kertas
Isi :
No
Tanggal
Lokasi Proyek
Nama Ruangan
Id Perangkat
Nama Perangkat
Nama User
Tindakan
b.
Data Penanganan Keluhan
Sumber :
Teknisi
Media :
Kertas
Isi :
No
Tanggal
Lokasi Proyek
Nama Ruangan
Id Perangkat
Nama Perangkat
Nama User
Keluhan
Tindakan
Status
c.
Data Pemasangan Baru
Sumber :
Teknisi
Media :
Kertas
Isi :
No
Tanggal
Lokasi Proyek
Nama Ruangan
Id Perangkat
Nama Perangkat
Nama User
Status
2.
Analisa Keluaran (Output)
a.
Laporan Akhir Tahun
Sumber : Manager
Media :
Kertas
Isi :
1). Laporan Maintenance Rutin
2). Laporan
Keluhan
b.
Laporan Akhir Proyek
Sumber : Manager
Media :
Kertas
Isi :
Laporan Akhir
E.
Diagram Alir Data (DAD) Konteks, Nol, Dan
Sitem Rinci
1.
Diagram Konteks
Gambar 4.4 Diagram
Konteks Sistem Berjalan pada PT Candi Berkah Tehnologi
2.
Diagram Nol
Gambar 4.5 Diagram Nol Sistem Berjalan pada
Candi Berkah Tehnologi
3.
Diagram Rinci
a.
Diagram Rinci Level 1 Proses 1.0
Gambar 4.5 Diagram
Rinci Level 1 Proses 1.0
b.
Diagram Rinci Proses 1 level 2.0
c.
Diagram Rinci Proses 1 Level 3.0
F.
Kamus Data Sistem Berjalan
Kamus data merupakan penjelasan tertulis mengenai data yang sedang berjalan
di dalam database. Adapun kamus data sistem yang sedang berjalan pada PT Candi
Berkah Tehnologi adalah sebagai berikut :
1.
Kamus Data Masukan
a.
Nama arus data : Data Maintenance Rutin
Alias : -
Bentuk data : Kertas
Arus Data : Teknisi – Proses 1.0
Penjelasan : Teknisi melakukan pencatatan
pekerjaan
Maintenance Rutin
Periode : Setiap Teknisi melakukan
Maintenance Rutin
Struktur : No + Lokasi + Ruang + Id Komputer +
Deskripsi
Komputer + Nama User +
Tanggal Update Anti
Virus
b.
Nama
arus data : Data Penanganan Keluhan
Alias : -
Bentuk data : Kertas
Arus Data : Teknisi – Proses 1.0
Penjelasan : Teknisi melakukan
pencatatan pekerjaan
Penanganan Keluhan
Periode : Setiap Teknisi melakukan
Penanganan
Keluhan
Struktur : No + Lokasi + Ruang + Id Komputer
+
Deskripsi Komputer + Nama User +
Keluhan + Tindakan + Sparepart + Status
c.
Nama arus data :
Data Pemasangan Baru
Alias : -
Bentuk data : Kertas
Arus Data : Teknisi – Proses 1.0
Penjelasan : Teknisi melakukan pencatatan
pekerjaan
Pemasangan Baru
Periode : Setiap Teknisi melakukan Penanganan
Keluhan
Struktur : No + Lokasi + Ruang + Pekerjaan + Sparepart
+ Status
2.
Kamus Data Keluaran
a.
Nama Akhir Data : Rekap Data Maintenance Rutin
Alias : -
Bentuk data : Kertas
Arus Data : Manager – Proses 2.0
Penjelasan : Manager Melakuakn rekap Data Maintenance
Rutin
Periode : Setiap Akhir Tahun
Struktur : No + Lokasi + Ruang + Id
Komputer + Deskripsi
Komputer + Nama User +
Tanggal Update Anti
Virus
b.
Nama Akhir Data : Rekap Data Penanganan Keluhan
Alias : -
Bentuk data : Kertas
Arus Data : Manager – Proses 2.0
Penjelasan : Manager Melakuakn rekap Data Penanganan
Keluhan
Periode : Setiap Akhir Tahun
Struktur : No + Lokasi + Ruang + Id
Komputer + Deskripsi
Komputer + Nama User +
Keluhan + Tindakan + Sparepart + Status
c.
Nama Akhir Data : Rekap Data Pemasangan Baru
Alias : -
Bentuk data : Kertas
Arus Data : Manager - Proses 2.0
Penjelasan : Manager Melakukan rekap Data Pemasangan
Baru
Periode : Setiap Akhir Proyek
Struktur : No + Lokasi + Ruang + Pekerjaan + Biaya
Operasional + Sparepart + Status
d.
Nama Arus Data :
Laporan Akhir Tahun
Alias : -
Bentuk Data : Kertas
Arus Data : Manager – Proses 3.0
Penjelasan : Manager menyusun Laporan Akhir
Tahun
Periode : Setiap Akhir Tahun
Struktur : Laporan Maintenance Rutin + Laporan
Penanganan Keluhan
G.
Spesifikasi Proses
Spesifikasi Sistem Berjalan menguraikan dan menjelaskan proses pengolahan
Data pada PT Candi Berkah Tehnologi
1.
Proses 1.1
Nama Proses : Data Maintenance Rutin
Masukan : Data Maintenance
Keluaran : Data Maintenance Rutin, Rekap Data Maintenance
Rutin
Uraian : Teknisi melakukan
pencatatan pada form yang
disediakan dan menyerahkannya kepada Proyek Manger setelah melakukan
pekerjaan.
2.
Proses 1.2
Nama Proses : Data Penanganan Keluhan
Masukan : Data Penanganan Keluhan
Keluaran : Data
Penanganan Keuhan, Rekap Penanganan
Keluhan
Uraian : Teknisi melakukan pencatatan pada form yang
disediakan dan menyerahkannya kepada
Proyek
Manger setelah melakukan pekerjaan.
H.
Bagan Terstruktur
Blbllblblbl
Blblblbl
I.
Spesifikasi Modul
J.
Analisa Basisdata
1.
ERD ( Entity Relationship Diagaram)
2.
Spesifikasi File Basisdata
K.
Rancangan Layer, Rancangan Form Masukan, dan
Rancangan Form Keluaran
50 Comments
thanks bro
ReplyDeletesama-sama gan , senang bisa berbagi
ReplyDeletepermisi mas, saya mahasiswi Unindra . Kebetulan ada tugas pembuatan makalah sekarang terkendala adanya kuliah melalui online jadi tidak bisa mencari referensi laporan KKP secara langsung. Apa boleh minta tolong share softcopy bab per babnya via email? Terima kasih.
Deletehalo mas, maaf kok gambarnya gak muncul ya :(
ReplyDeleteMas, saya nurulita mahasiswi Unindra semester 6. Kebetulan dalam proses pembuatan makalah sekarang terkendala adanya kuliah melalui online jadi tidak bisa mencari referensi laporan KKP secara langsung. Apa boleh minta tolong share softcopy bab per babnya via email? Terima kasih..
ReplyDeletedone, via email
Deleteok mbak , aku cariin dulu, silahkan kirim alamat email anda ke dinastikunjeri@gmail.com
ReplyDeletemas minta tolong banget saya boleh minta softcopy laporan KKPnya bab per bab, Kebetulan juga dalam proses pembuatan makalah sekarang terkendala adanya kuliah melalui online jadi tidak bisa mencari referensi laporan KKP secara langsung. terimakasih
Deletemas, saya andrew sebastian mahasiswa dari unindra semester 6. boleh minta tolong share softcopy laporan KKP punya mas nya bab per bab untuk referensi
ReplyDeletesudah aku kirim via email
Deletebang, saya boleh minta softcopy kkp nya gak ? butuh banget buat contoh saya. btw saya imam mahasiswa unindra semester 6 :)
ReplyDeletebang aku boleh minta softcopy nya ga?soalnya butuh bngt buat contoh laporan kkp saya. btw saya imam mahasiswa unindra semester 6
ReplyDeleteBang boleh minta softcopy perbabnya untuk referensi, kebetulan saya mahasiswa unidra semester 6 ada tugas buat laporan kkp
ReplyDeleteboleh
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteboleh minta softcopy nya mas untuk bab 4? boleh dikirim ke email saya?
ReplyDeletesilahkan kirim almat emailnya
DeleteIzin minta soft copy nya bang kirim email buat refrensi..
ReplyDeletekirim alamat emailnya bang
Deletepermisi.. maaf kak boleh minta soft copy nya?
ReplyDeletesoalnya yang disini tidak muncul gambarnya
bisa dikirim ke dwi.traspac@gmail.com
terimakasih banyak kak
DONE
Deleteassalamualaikum .. pak minta tolong banget saya boleh minta softcopy laporan KKPnya bab per bab, Kebetulan juga dalam proses pembuatan makalah sekarang terkendala adanya kuliah melalui online jadi tidak bisa mencari referensi laporan KKP secara langsung
ReplyDeleteterima kasih ya..
wassalamualaikum wr wb
Alamat emailnya mana ?
Deletesaya juga mau dong mas softcopy yang bab 4 ini, ini alamat email saya ameliaoksya@gmail.com.. terima kasih sebelumnya
Deletesudah terkirim
DeleteKa maaf boleh minta softcopy nya dari bab per bab ke alamat email ini ka dewifortuna573@gmail.com
ReplyDeleteTerima kasih ka🙏
sudah terkirim
Deletemas izin minta softcopynya dong via email.. lagi nyusun laporan KKP nih.. ini email saya ameliaoksya@gmail.com
ReplyDeletesudah terkirim
Deletesudah terkirim
DeleteAssalamualaikum mas.. boleh minta softcopy bab 4 nya buat refrensi?
ReplyDeleteKalo boleh bisa dikirim via bagoesinside5@gmail.com
Wassalamualaikum wr wb
sudah terkirim
Deleteassalamualaikum mas, boleh minta softcopynya utk referensi?
ReplyDeletewaalaikum, silahkan kirimkan alamat email via contact form, di kanan bawah halaman ini
Deleteassalamualaikum. permisi mas.saya mahasiswa unindra. boleh minta tolong kirim softcopy per babnya gk hehe. buat referensi. karena sekarang kendala kuliah online gk bisa liat referensi di perpus karna tutup. @harismuhamad142@gmail.com. terimakasih
ReplyDeleteDONE
Delete.
ReplyDeleteassalamuallaikum pak saya mahasiswi unindra kalo berkenan boleh share file softcopy perbabnya pak untuk referensi pak Email: Prihartini0327@gmail.com terimakah pak
ReplyDeleteassalamuallaikum maaf pak boleh minta softcopy perbabnya guna untuk referensi pak sekali lagi terimakasih pak email:prihartini0327@gmail.com
ReplyDeleteIzin minta soft copy nya bang kirim email buat refrensi
ReplyDeletenurmaalna.2000@gmail.com
permisi kak, saya aulia hadi mahasiswa semester 6 unindra saya ingin izin minta softcopy kkp kakak perbab untuk dijadikan referensi tugas akhir semester 6 saya kak... email saya cantikahadi49@gmail.com ...... terimakasih banyak kak
ReplyDeletemas minta tolong banget saya boleh minta softcopy laporan KKPnya bab per bab, Kebetulan juga dalam proses pembuatan makalah sekarang terkendala adanya kuliah melalui online jadi tidak bisa mencari referensi laporan KKP secara langsung. terimakasih, saya mahasiswa unindra sem 6 juga
ReplyDeletemas minta tolong banget saya boleh minta softcopy laporan KKPnya bab per bab, Kebetulan juga dalam proses pembuatan makalah sekarang terkendala adanya kuliah melalui online jadi tidak bisa mencari referensi laporan KKP secara langsung. terimakasih ke email miftahrizki60@gmail.com
ReplyDeleteboleh
DeleteMas, saya boleh minta softcopynya untuk referensi laporan kkp?
ReplyDeleteboleh
DeleteBang maaf saya boleh minta soft copy nya gak ya? Soalnya saya sudah deadline kkp tp analisa sebelumnya menggunakan UML padahal sudah di izinkan tp pas pengumpulan dosen minta di ganti ke DAD.. email saya newhabit.id@gmail.com terima kasih
ReplyDeletedone
Deletehalo mas, saya mahasiswi unindra semester 8. kalau boleh, izin mas bisa minta share bab-per -bab laporan KKPnya? untuk referensi soalnya.
ReplyDeletekalau boleh, tolong share kesini ya mas. fonny.210800@gmail.com
terimakasih sebelumnya 🙏🏻
Maaf bang, saya mahasiswa unindra apakah boleh untuk minta softcopynya ? soalnya saya terkendala dalam mencari referensi laporan kkp ini dan skrg sedang proses membuat kkpnya, terimakasih sebelumnya.. jika diperbolehkan berikut email saya : azizaqibs@gmail.com
ReplyDelete