BAB II
ORGANISASI
A.
Sejarah PT Candi Berkah Tehnologi
PT. Candi Berkah
Tehnologi atau lebih dikenal dengan sebutan CBT Komputer adalah perusahaan di
Indonesia dengan Badan Hukum Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang
penyedia jasa dalam bidang Teknologi informasi
yang meliputi sistem informasi berbasis website, pembangunan
infrastruktur jaringan komputer maupun infrastruktur yang berbasis jaringan,
yang resmi berdiri pada tahun 2013 dan berkantor di Jakarta.
Pendirian Perusahaan
ini adalah atas inisiatif dari para Teknisi dalam bidang Jaringan dan Komputer
yang ingin mempunyai Institusi resmi agar dapat ikut berpartispasi dalam lelang
pada pengadaan barng dan jasa pada Lembaga Penyedia Sistem elektronik (LPSE)
Pemerintah.
Seiring dengan
berkembangnya perusahaan, saat ini CBT komputer memiliki 3 bisnis unit yaitu
pembangunan atau pemeliharaan infrastruktur jaringan, web developer,
pembangunan atau pemeliharaan data center dan penyedia perangkat keras Teknologi
informasi.
Perusahaan ini bertekad untuk
selalu memberikan yang terbaik untuk seluruh pelanggannya, Perusahaan juga
selalu menjunjung tinggi nilai-nilai
profesionalisme, Pengembangan Teknologi dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya
sebagai dasar dalam memberikan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan kami.
1.
Visi dan Misi PT Candi Berkah Tehnologi
a.
Visi
1) Menjadi perusahaan
IT yang kompetitif, handal dan terpercaya dalam skala nasional maupun
internasional.
2) Perusahaan IT yang
terkemuka yang fokus dan unggul dalam menghasilkan produk dan jasa.
b. Misi
1) Menjadi rekan kerja yang terbaik untuk seluruh pelanggan.
2) Memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan dengan solusi yang inovatif, efektif dan efisien.
3) Mengedepankan profesionalisme dan
team work dalam menghasilkan layanan
yang berkualitas.
4) Memberikan inovasi Teknologi terbaik dan terkini dalam setiap produk dan jasa.
B.
Struktur Organisasi PT Candi Berkah Tehnologi
Dari struktur oragnisasi dapat dilihat hubungan antara Pemimpin Perusahaan
dan Staf serta karyawan serta pembagian tugas dan wewenang masing-masing
jabatan sehingga menghasilakn suasana kerja yang nyaman dan maksimal. Struktur
Perusahaan Candi Berkah Tehnologi dapat dilihat pada gambar berikut :
Gambar 2.1 Struktur Organisasi PT Candi Berkah Tehnologi
Secara struktural PT Candi Berkah Tehnologi dalam menjalankan bisnisnya
terbagi dalam beberapa tugas dan tanggung
jawab yaitu :
1.
Komisaris
Tugas dan Tanggung jawab
Komisaris pada PT Candi Berkah Tehnologi adalah
a. Bertanggung jawab penuh terhadap pengadaan modal perusahaan adan modal
proyek yang akan dan atau yang sedang berjalan.
b. Mengawasi kinerja Direktur dan Staf dalam menjalankan tugas dan tanggung
jawabnya masing-masing.
2.
Direktur
Tugas dan Tanggung jawab
Direktur pada PT Candi Berkah Tehnologi adalah :
a. Memutuskan dan menentukan peraturan dan
kebijakan tertinggi perusahaan.
b. Bertanggung jawab dalam memimpin dan menjalankan
perusahaan.
c. Bertanggung jawab atas kerugian yang dihadapi
perusahaan termasuk juga keuntungan perusahaan.
d. Merencanakan serta mengembangkan sumber-sumber
pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
e. Bertindak sebagai perwakilan perusahaan dalam
hubungannya dengan dunia luar perusahaan.
f.
Menetapkan
strategi-strategi untuk mencapai visi dan misi perusahaan.
g. Mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan
di perusahaan, mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.
h. Mengangkat dan memberhentikan karyawan
perusahaan.
3.
Sekretaris
Tugas dan Tanggung jawab
Sekretaris pada PT Candi Berkat Tehnologi adalah :
a. Membuka surat masuk untuk
Direktur dan Komisaris.
c. Menerima dan melayani telepon serta menelpon.
d. Menata arsip/surat.
e. Menyusun dan membuat surat
untuk kepentingan pimpinan (korespondensi).
f.
Mengurus dan mengendalikan surat.
g. Menyusun dan membuat
jadwal kegiatan pimpinan.
h. Mengelola kas kecil.
i.
Menjaga kebersihan dan kerapihan kantor untuk menciptakan
kenyamanan kerja.
4.
Sales Manager
a.
Aktif mencari informasi proyek-proyek baru dan
mem-follow up proyek yang sedang berjalan.
b.
Membina hubungan baik dengan distributor,
kontraktor, konsultan, arsitek,
dll.
c.
Mengunjungi pelanggan secara rutin.
d.
Membuat laporan proyek dan rencana kunjungan
mingguan, mencari informasi proyek-proyek baru dan mem-follow up
proyek yang sedang berjalan.
e.
Membina hubungan baik dengan distributor,
kontraktor, konsultan, arsitek, dll.
f.
Mengunjungi pelanggan secara rutin.
g.
Membuat laporan proyek dan rencana kunjungan
mingguan.
5.
HRD Manager
a. Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan
sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan
pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
b. Membuat sistem HR yang efektif dan efisien,
misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development
system dll.
c. Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen
karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.
d. Melakukan seleksi, promosi, transfering dan
demosi pada karyawan yang dianggap perlu.
e. Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan
kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi,
mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar
perusahaan
f.
Bertangggung
jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji,
bonus dan tunjangan.
g. Membuat kontrak kerja karyawan serta
memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
h. Melakukan tindakan disipliner pada karyawan
yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.
6.
Manager
a. Merencanakan kegiatan-kegiatan dalam proyek,
tugas-tugas dan hasil akhir, termasuk pemecahan pekerjaan, penjadwalan dan
anggaran.
b. Mengorganisasikan, memilih dan menempatkan
orang-orang dalam tim proyek. Mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya.
c. Memonitor status proyek.
d. Mengindentifikasikan masalah-masalah teknis.
e. Titik temu dari para konstituen: subkontraktor,
user, konsultan, top management.
f.
Menyelesaikan
konflik yang terjadi dalam proyek.
g. Merekomendasikan penghentian proyek atau
pengerahan kembali sumber daya.
7.
Teknisi
a.
Melakukan pemeliharaan rutin pada lokasi kerja
secara rutin dan sesuai jadwal.
b.
Melakukan Instalasi baru apabila ada proyek
baru.
c.
Melakukan perbaikan yang baik apabila ada
keluhan dari user.
d.
Membuat laporan harian.
8.
Finance Manager
a.
Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data
dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan
secara akurat dan tepat waktu.
b.
Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan,
pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat
waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
c.
Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol
arus kas perusahaan (cashflow), terutama
pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
d.
Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan
anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan
anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien
dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
e.
Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan
sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan
tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
f.
Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan
dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi
pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi,
ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya.
g.
Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan
seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi
biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan
C.
Project Manager
Project Manager
adalah bagian dari PT Candi Berkah Tehnologi yang bertugas dan bertanggung
jawab atas perencanaan, pengelolaan dan pelaporan proyek. Pada bagian inilah
seluruh administrasi proyek dibuat untuk selanjutnya dijadikan bahan laporan
dalam pengajuan tagihan kepada Customer. Bagian ini juga yang mengatur
jadwal dan kegiatan Teknisi. Termasuk tugas dari bagian ini adalah
memepersiapkan keuangan, material dan teknisi yang akan diterjunkan dalam
sebuah proyek.
0 Comments