PENDIRIAN USAHA BROWNIES UBI UNGU
“BOBINGU”
Tugas
mata kuliah : Kewirausahaan 2
Dosen : Sutrisno, S.Pd., M.Pd.
Disusun
oleh :
1. Hafid Suryansyah 201343500095
2. Nurrohman 201343500091
3. Ahmad Arfani 201343500089
4. Irfan Bayhaqi 2013435000
FAKULTAS
TEKNIK, MATEMATIKA & ILMU
PENGETAHUAN ALAM (FTMIPA)
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS
INDRAPASTA PGRI
JAKARTA
2016
BOBINGU
Peluang bisnis dalam bidang olahan
makanan memang sangat menjanjikan untuk memperoleh keuntungan yang sangat
besar. Salah satunya adalah dengan mengolah “UBI UNGU” menjadi Brownies yang
Lezat dan digemari oleh masyarakat luas. Ubi jalar adalah bahan makanan dari
jenis umbi-umbian, selain singkong, talas dan kentang yang bisa langsung diolah
menjadi beragam makanan ringan yang lezat dan enak. Di Indonesia , Ubi jalar
sudah sangat dikenal oleh sebagian masyarakat.Namun sayangnya, ubi jalar
bukanlah jenis makanan favorit dan biasanya lebih dikenal sebagai makanan
rakyat pedesaan. Padahal, ubi jalar mengandung beragam gizi yang sangat baik,
bahkan jika kreatif dalam pengolahannya bisa menjadi lahan bisnis yang
menguntungkan.
Brownies ubi merupakan makanan
ringan yang lezat dan menyehatkan. Produk ini akan diolah dengan menggunakan
bahan dasar ubi ungu. Sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dalam bentuk
kue brownies ubi.
Pendirian usaha ini dapat
meningkatkan nilai tambah ubi dengan mengolahnya menjadi “Brownies Ubi” dengan
cita rasa yang khas. Sehingga dapat menjadi makanan ringan yang menyehatkan.
A. Deskripsi
Perusahaan ( kedai pinggir jalan )
1.
Latar
belakang usaha
Pada saat ini banyak sekali masyarakat
yang lebih menyukai makanan cepat saji dengan rasa yang enak dan harga yang
relatif murah namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan
masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifatnya
kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat menarik
perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Dari pemikiran tersebut kami telah
melakukan observasi lapangan mengenai peluang usaha yang dapat dilakukan. Salah
satunya yaitu usaha penjualan brownies ubi dengan Aneka rasa. Selain jenis
makanan ini masih jarang ditawarkan, ketersediaan bahan baku dan cara pembuatan
yang tidak terlalu sulit juga merupakan hal yang dapat dipertimbangkan agar
kegiatan usaha ini layak untuk dijalankan.
Pembuatan “Brownies Ubi” yang dilakukan
dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual
dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat
masyarakat untuk membelinya.
Dengan pengembangan konsep yang berbeda
dengan jenis usaha lain yang sudah ada baik dari segi resep, penyajian, kemasan
maupun merek dagang, kita akan memiliki kekuatan untuk mendatangkan minat
pembeli agar tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
B.
Visi Dan Misi
1.
Visi
a.
Untuk mengembangkan kreatifitas dalam mengolah makanan
terutama berbahan “Ubi”
b.
Untuk mengenalkan ke masyarakat bahwa ubi dapat diolah
menjadi kue brownies yang lezat dan menyehatkan.
2.
Misi
a. Meningkatkan kualitas dalam
pengolahan ubi menjadi kue bronie
b.
Melayani konsumen sebaik mungkin
C. Tujuan
1. Membuat produk makanan ringan yang
lezat dan menyehatkan berbahan dasar ubi sehingga memiliki inovasi baru dalam bentuk kue Brwonies.
2. Mendapatkan laba, sehingga
meningkatkan perekonomian.
3. Memperkenalkan produk brwonies ubi
ini kepada masyarakat luas sebagai makanan yang memiliki cita rasa khas dari ubi itu
sendiri.
D.
Rencana
Usaha
Harapan kedai pinggir jalan ke depannya
sebagai berikut;
1. Tahap
rencana awal sampai dengan 3 bulan kedepan adalah:
a. Membuat
kedai makanan usaha di daerah Terminal kp.Rambutan yang letaknya strategis dan banyak orang lalu
lalang.
b. Promosi awal akan dilakukan dengan
mendatangi rumah-kerumah dan menyebarkan pamflet-pamflet kepada masyarakat dan
pengguna jalan
c. Promosi selanjutnya adalah dengan
menggunakan media sosial ( Facebook, Twitter, dan lain lain )
2.
Tahap rencana 3 sampai
6 bulan adalah:
a. Mencoba
membuka gerai cabang di sekitar Ciracas dan Cibubur Jakarta Timur dengan
memperhatikan posisi letak dan tempat strategis tentunya untuk kedai tersebut.
b. Mulai
mencoba membuat manajemen kegiatan perusahaan baik tentang pemasaran produksi
lebih lanjut, pengadaan barang dan produksi, serta membuat manajemen keuangan
perusahaan .
c. Mencoba
melakukan pemasaran melalui internet (e-bussines )
3.
Tahap rencana 1 tahun
sampai dengan 2 tahun dan seterusnya adalah:
a. Mencoba
membuka gerai cabang baru disekitar wilayah Jakarta timur.
b. Mencoba
bereksperimen untuk membuat menu-menu baru yang lebih kretif untuk meningkatkan
kepusasan dan jumlah pelanggan.
c. Mencoba
pemasaran melalui metode “Pesan Antar” dengan aplikasi penjualan online
d. Mencoba
membuka pemasaran untuk acara yang diadakan oleh Hotel dan Gedung pertemuan
E. Merumuskan
produk
Produk yang ditawarkan BOBI Adalah Brownies ubi
dengan berbagai macam pilihan rasa, seperti :
1.
Kue brownies ubi dengan diolesi selai rasa mangga dan
diberikan toping kacang dan kismis.
2.
Kue brownies ubi dengan diolesi selai rasa anggur dan
diberikan toping kacang dan kismis.
3.
Kue brownies ubi dengan diolesi selai rasa cokelat dan diberikan
toping kacang,kismis,dan dapat
ditambahkan buah-buahan diatasnya seperti strawberry ataupun kiwi.
F. STRUKTUR ORGANISASI DAN JOB DESK
1.
Struktur
2.
Job
Desk
a.
Pemilik
Usaha ( Ahmad Arfani )
Ø Menyediakan modal untuk
usaha
Ø Menyediakan tempat usaha
Ø Menyediakan dana apabila
ada kebutuhan biaya tambahan
Ø Menerima keuntungan dari
usaha
Ø Menyediakan dana apabila
usaha mengalami kerugian
b.
Pengelola
Keuangan (Hafidz Suryansyah)
Ø Merencanakan biaya
produksi dan biaya pemasaran usaha
Ø Menghitung untung dan
rugi usaha
Ø Bertanggungjawab atas
administrasi usaha
c.
Produksi
(Nurohman)
Ø Bertanggungjawab atas
pembuatan produk mulai dari pembelian bahan, proses, sampai menjadi produk siap
jual
d.
Pemasaran
( Ahmad Baihaqi )
Ø Bertanggungjawab atas
penjualan produk
Ø Merencanakan pemasaran
produk untuk waktu yang akan datang
0 Comments